Database Relasional dengan MySQL

Database Relasional dengan MySQL
Bunafit Nugroho
Penerbit Andi 2006
16 x 23 cm, 518 hlm
Rp 69,900



My SQL merupakan database yang mendukung RDBMS (Relational Database Management System). Sebagai database yang mendukung RDBMS, database ini terbukti telah banyak digunakan dalam berbagai kebutuhan pendokumentasian data. MySQL merupakan database server yang juga dapat berjalan sebagai Client. Dengan kemampuan tersebut, database ini mampu berjalan pada sistem jaringan, baik lokal mauopun WAN (internet).

Saat ini database MySQL banyak digunakan untuk membuat aplikasi-aplikasi berbasis online seperti web. Bagi Anda yang saat ini sedang belajar dan mengembangkan kemampuan dalam pemrograman database berbasis online seperti website, kehadiran buku ini akan sangat membantu Anda dalam menyelesaikan permasalahan yang mungkin muncul dalam proyek-proyek Anda.

Kelebihan buku ini adalah semua bab disajikan dengan sistem praktek langsung. Jadi tidak ada bab yang hanya membahas teori (kecuali bab 4 mengenai Perancangan Database). Semua permasalahan yang disajikan mengacu pada teori dalam bab 4, yaitu relasional database.

Tanpa bermaksud membesar-besarkan kemampuan buku ini, penulis menganggap kehadiran buku ini akan sangat membantu Anda, baik sebagai pemula maupun profesional, yang ingin mengembangkan kemampuan dalam database terutama MySQL.

Materi yang dibahas:
$ Pengenalan SQL
$ Instalasi paket MySQL
$ Fungsi-fungsi dalam MySQL
$ Basis data dan perancangannya
$ DML (Data Manipulation Language)
$ DDL (Data Definition Language)
$ Seleksi dengan fungsi matematika
$ Seleksi dengan klausa WHERE
$ Penggunaan klausa khusus
$ Seleksi relasional dalam banyak tabel
$ Seleksi relasional dengan operator JOIN
$ Seleksi relasional dengan Subquery
$ Studi kasus : Query pada sistem informasi penilaian
$ Studi kasus : Membuat halaman berita dengan PHP
$ Studi kasus : Pengolahan data alamat dengan Visual Basic
$ Administrasi MySQL
$ Administrasi menggunakan Software Aplikasi berbasis GUI

Ketentuan berkomentar :

- Dilarang menautkan link aktif maupun mempastekan link mati, karena komentar yang disertai promosi URL tidak akan pernah tampilkan

- Dilarang berkomentar yang Di Luar Topik (OOT), promosi, dan komentar-komentar yang anda tidak suka jika hal itu terjadi di blog anda sendiri, karena komentar seperti itu tidak akan pernah ditampilkan