"Blog", Media Promosi Murah

YOGYAKARTA, KOMPAS - Mempromosikan bisnis pribadi bisa dilakukan lewat weblog atau yang akrab disebut blog di dunia internet. Selain murah dan mudah, pelaku usaha bisa berinteraksi dengan konsumen atau sesama pebisnis di berbagai wilayah di seluruh dunia.

Demikian mengemuka dalam seminar bertajuk "Memanfaatkan Blog Untuk Bisnis" dalam rangkaian Kompas Gramedia Fair (KGF) 2008 di Jogja Expo Centre, Yogyakarta, Minggu (1/6).Konsultan Teknologi Informasi Universitas Katolik Sugijapranata, Ridwan Sanjaya, mengungkapkan, semakin banyak pengguna blog di Indonesia yang kini mencapai 20 juta orang merupakan peluang bagi pelaku usaha untuk turut memasarkan bisnis lewat dunia maya.

"Selain murah, karena kini banyak yang menyediakan blog gratis, menggunakan blog tidak perlu keahlian programming khusus di bidang komputer. Yang dibutuhkan hanya akses internet, itu saja," kata Ridwan.

Seraya mempraktikkan bagaimana cara membuat blog di beberapa situs seperti blogger.com, blogspot.com, Ridwan menyebutkan, di dalam blog pengguna bisa membangun komunitas pewarta.

"Istilahnya ada promosi dari mulut ke mulut, tetapi ini lewat internet. Interaksi ini bisa membantu pengguna juga untuk mengembangkan ide dan pemikiran karena ada kontak dengan pengunjung," ujarnya.

Salah satu pelaku usaha yang tertarik menggunakan blog untuk memasarkan produknya, misalnya Netty Andriani (32), pengusaha jamur dari Kulon Progo.

"Selama ini saya memasarkan produk hanya dengan promosi dari mulut ke mulut. Sepertinya, saya akan coba pakai blog supaya lebih banyak yang tahu usaha saya," katanya. (A02)

sumber: www.cetak.kompas.com


Ketentuan berkomentar :

- Dilarang menautkan link aktif maupun mempastekan link mati, karena komentar yang disertai promosi URL tidak akan pernah tampilkan

- Dilarang berkomentar yang Di Luar Topik (OOT), promosi, dan komentar-komentar yang anda tidak suka jika hal itu terjadi di blog anda sendiri, karena komentar seperti itu tidak akan pernah ditampilkan