Foke Buka Pesta Buku Jakarta 2008

Jakarta, Senayan. Dengan empat kali tabuhan kendang berwarna biru, Gubernur provinsi DKI Jakarta, Dr.Ing.H.Fauzi Bowo secara resmi membuka Pesta Buku Jakarta (PBJ) 2008 di ruang Anggrek Istora Gelora Bung Karno Jakarta, Sabtu (28/6) pagi.
Selain Gubernur, hadir Assisten Kesejahteraan Masyarakat, Ibu Aurora Tambunan, Walikota Jakarta Pusat Ibu Silviana Murni, Ketua umum pimpinan pusat IKAPI, Bpk.Setia Darma Madjid, Ketua IKAPI Jakarta, H.Efi Afrizal, para penulis dan tokoh-tokoh perbukuan Indonesia.
Pada PBJ ke-18 ini, Gubernur yang kerap di sapa Foke ini mengaku bangga dengan adanya acara seperti ini.“ Saya gembira bahwa masih ada warga Jakarta yang kreatif dan tampil dengan judul menggelitik ini” ujarnya tersenyum saat menyebut tema pameran. Menurutnya, tema ‘Jakarta Banjir Buku’ yang diusung panitia memang tepat dan memiliki arti strategis bagi dunia pendidikan dan dalam rangka upaya pencerdasan bangsa. Ia juga mengakui bahwa minat baca merupakan tanggung jawab semua pihak, sehingga kebiasaan membaca sudah harus ditanamkan sejak dini.

Sebelumnya, ketua panitia PBJ, Muharizal Umar menyebut bahwa perkembangan penerbitan buku di Indonesia meleset cepat. Namun perkembangan tersebut tidak diiringi dengan pertumbuhan toko buku, akibatnya tidak semua buku bisa ditemui di setiap toko buku. Hal inilah yang mendorong dirinya dan beberapa penerbit untuk terus menggelar acara PBJ ini.

Menanggapi jumlah buku yang dicetak pertahunnya yang hanya berjumlah 36 juta, Gubernur juga menilai memang sangat tidak sebanding dengan jumlah penduduk Indonesia yang berjumlah 240 juta jiwa ini. Menurutnya, salah satu komponen yang harus diperhatikan dalam upaya memasyarakatkan minat baca tersebut adalah distribution network atau jejaring distribusi buku yang memang masih jauh dari sempurna dan jauh dari yang diinginkan banyak orang. Untuk itu, ia berharap pihak-pihak yang berkompeten dengan masalah ini dapat bekerja sama dengan dirinya dan pemerintah.

Selain sambutan Gubernur dan panitia, acara siang itu juga diisi dengan pemberian penghargaan kepada Ibu Yasmine yuliantina Yessy Gusman sebagai artis dan publik figur pendiri 100 taman bacaan yang atas kiprahnya mampu meningkatkan minat baca masyarakat melalui Taman bacaan Anak Yayasan Bunda Yessy bersama . selain itu penghargaan juga di apresiasikan kepada Erick Thohir sebagai pengusaha muda yang memberikan inspirasi bagi pencerdasan kehidupan bangsa.

PBJ kali ini adalah pameran buku yang terbesar dalam dan terlengkap, karena diikuti oleh 242 penerbit dan 186 stand dari berbagai penerbit buku dan perusahaan seperti Penerbit Dian Rakyat, Elex Media Komputindo, Erlangga, Balai Pustaka, Gramedia Pustaka Utama, Java Books, Rajawali, Al-Huda dll. Buku-buku yang disediakan pun terdiri dari berbagai jenis dan kebutuhan berbagai kalangan. Tersedia pula buku-buku best seller dan buku-buku diskon hingga 70% . Bahkan, untuk guru dan siswa sekolah diberikan diskon tambahan 10% untuk buku-buku tertentu di stand bertanda khusus.
Kegiatan seperti pelatihan Speed Reading, bedah buku, berbagai seminar tentang perbukuan, aneka talkshow, aneka lomba untuk siswa sekolah, dan berbagai acara lainnya seperti demo masak, futsal antar media dan siswa sekolah pun ditampilkan.

Sebelum meninggalkan gedung Istora, Foke juga meninjau stand-stand yang berpameran.Termasuk mengunjungi stand buku pribadi miliknya yang terletak di pintu masuk gedung Istora.

Ketentuan berkomentar :

- Dilarang menautkan link aktif maupun mempastekan link mati, karena komentar yang disertai promosi URL tidak akan pernah tampilkan

- Dilarang berkomentar yang Di Luar Topik (OOT), promosi, dan komentar-komentar yang anda tidak suka jika hal itu terjadi di blog anda sendiri, karena komentar seperti itu tidak akan pernah ditampilkan