Pengolahan Kebun dan Pabrik Kelapa Sawit

Perkebunan kelapa sawit dan pabrik kelapa sawit (PKS) saat ini sedang menunjukan perkembangan yang menggembirakan, salah satunya ditandai dengan membaiknya harga CPO (crude palm oil). Di masa datang, usaha perkebunan kelapa sawit dan unit pengolahannya diperkirakan semakin berkembang dengan pesat, seiring dengan semakin majunya teknologi, sehingga pemanfaatan kelapa sawit semakin beragam, misalnya penggunaan minyak kelapa sawit untuk biodiesel. Nilai ekspor RBD-Olein, RBD-Stearin, dan produk turunan lain dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Hingga pada tahun 2006 saja, tercatat nilai ekspor mencapai 3.027 juta dolar AS, meingkat sekitar 50% dibandingkan tahun sebelumnya.

Prospek bisnis perkebunan kelapa sawit sangat terbuka lebar. Sebab, kelapa sawit adalah komoditas yang memiliki banyak pungsi dan kebutuhan, baik untuk skala rumah tangga maupun industri. Terutama, sekarang adanya program konversi sumber energi minyak fosil (minyak bumi) ke biodiesel yang menggunakan bahan baku kelapa sawit.

Namun, mengelola kebun dan pabrik pengolahan kelapa sawit membutuhkan manajemen yang serius, tertata rapih, dan acountable. Apabila tidak, usaha yang dibangun akan rusak dengan sendirinya. Untuk itu, dibutuhkannya panduan yang lengkap untuk menjalankan roda bisnis di bidang kelapa sawit ini.

Memang, cukup banyak literatur yang membahas teknik budi daya kelapa sawit, tetapi masih sangat sedikit yang membahas manajemen pengelolaan kelapa sawit dan PKS. Sistem manajemen yang baik akan sangat membantu kelancaran kegiatan perusahaan, sehingga pada akhirnya menjadi pendorong tercapainya tujuan perusahaan.

Judul: Panduan Lengkap Pengelolaan Kebun dan Pabrik Kelapa Sawit (PKS).
Penyusun: Maruli Pardamean
Ukuran : 17.5 x 24 cm.
Tebal : 232 hal (224 BW, 8 FC)
Cetakan: 1
Penerbit: AgroMedia Pustaka
ISBN : 979-006-175-7
Harga : Rp 50.000,-
Buku bisa di dapatkhan di:
http://www.agromedia.net

Buku Panduan Lengkap Pengelolaan Kebun dan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) ini sangat tepat dijadikan acuan dan contoh dalam menjalankan roda bisnis kelapa sawit Anda. Buku ini membahas pengelolaan kebun kelapa sawit dan pabrik kelapa sawit (PKS) dari sisi struktur organisasi, pemanfaatan sumber daya perusahaan (kas dan persediaan), dan alat manajemen dalam mengawasi kegiatan keuangan dan operasional kebun kelapa sawit maupun PKS, yaitu anggaran dan laporan.

Melalui buku ini pembaca akan lebih mengenal dan memahami peranan anggaran, struktur organisasi, daftar otorisasi dan peraturan otorisasi, proyeksi cash flow, kas, persediaan dan laporan kebun, maupun PKS, sehingga membantu manajemen mengelola perusahaan perkebunan, khususnya kebun kepala sawit dan PKS.



5 komentar

your design is very good, ilove islam

saya sudah baca bukunya:

Nggak sesuai antara Judul dan Isinya. Harusnya berjudul Panduan Administrasi di Perkebunan Kelapa Sawit. Nggak lengkap....

O.iya maaf...!!tapi saya juga ngucapin banyak terimakasih telah memperingatkhannya ,sekali lagi makasih.

Ketentuan berkomentar :

- Dilarang menautkan link aktif maupun mempastekan link mati, karena komentar yang disertai promosi URL tidak akan pernah tampilkan

- Dilarang berkomentar yang Di Luar Topik (OOT), promosi, dan komentar-komentar yang anda tidak suka jika hal itu terjadi di blog anda sendiri, karena komentar seperti itu tidak akan pernah ditampilkan