SAMBUTAN KETUA PANITIA PBJ 2008

Penerbitan buku di Indonesia kini makin berkembang pesat. Tidak kurang dari 600 perusahaan penerbitan dimiliki Indonesia saat ini. Jumlah terbitannyapun bertambah banyak. Berdasarkan data jumlah buku yang diterima jaringan toko buku Gramedia dan Gunung Agung, setidaknya Indonesia menerbitkan 12.000 buku pertahun, tidak termasuk buku yang cetak ulang. Dengan rata-rata oplag perjudulnya 3.000 eksemplar, maka penerbit Indonesia mampu menghasilkan 36.000.000 eksemplar buku pertahunnya, namun hal itu tidak diimbangi dengan pertumbuhan toko buku. Akibatnya tidak semua buku bisa ditemui di toko buku. Perlu saluran distribusi baru untuk menampung ledakan produksi yang yang begitu besar. Ada penerbit yang mengembangkan sayap distribusinya melalui supermarket dan minimarket yang kini juga telah tersebar sampai ke pelosok-pelosok kabupaten, tetapi masih belum mampu menampung seperti yang diharapkan. Salah satu alternatif bagi penikmat buku untuk memperoleh buku yang tidak tersedia di toko toko buku adalah pameran buku sekaligus memperoleh diskon dan menikmati acara-acara yang menarik.


Untuk itu, IKAPI DKI Jakarta sebagai organisasi penerbit buku kembali menggelar agenda rutin “Pesta Buku Jakarta 2008” yang akan berlangsung pada tanggal 28 Juni – 6 Juli 2008 di Istora Senayan Jakarta, dengan tema “JAKARTA BANJIR BUKU” dengan makna, Jakarta yang dikenal sering banjir, perlu adanya upaya untuk mengimbangi citra negatif tersebut dengan memberikan konotasi yang positif, Kali ini Jakarta tidak lagi banjir air, tetapi banjir buku !

Pesta Buku Jakarta ini adalah pameran buku yang terbesar dalam jumlah pengunjung. Dikunjungi tidak kurang dari rata-rata 35.000 orang per harinya. Profil pengunjung : Sebagian besar pengunjung berusia 26 – 40 tahun (69%), dan usia 18 – 25 tahun (21%), sisanya anak-anak dan lain-lain. Profesi pengunjung : Pengajar, entrepreneur, paramedic, marketing, ibu rumah tangga, mahasiswa dan pelajar.

Diikuti oleh 242 penerbit dari Jakarta dan dari luar Jakarta. Peserta pameran yang terdiri dari para penerbit, distributor, toko buku perpustakaan daerah, lembaga perbukuan dan sponsor yang memenuhi 184 stand yang disediakan oleh panitia. Salah satu stand yang menjadi unggulan adalah stand koleksi pribadi Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Bapak Dr. Ing. H. Fauzi Bowo, sebagai tokoh pemimpin/ilmuwan yang “gila buku” yang telah berbaik hati meminjamkan buku-buku pribadinya digelar di Pesta Buku Jakarta, semoga bisa memotivasi generasi muda calon pemimpin dan pengelola bangsa bila ingin berhasil dalam hidup dan berkarya.

Pesta Buku Jakarta ini telah menjadi unggulan utama para penerbit Indonesia dalam mempromosikan dan mempublikasikan buku-buku barunya. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya penerbit yang ikut serta dalam even ini. Banyak hal-hal baru yang menarik yang akan ditampilkan selama 9 hari pameran berlangsung, antara lain: Pelatihan membaca cepat (Speed Reading) bagi siswa SD, SMP dan SMA, Lomba Anak Jenius tingkat SD, konferensi penulis cilik, jumpa penulis favorit dan terkenal, temu bintang film, musik akustik, talk show, bedah buku, diskusi, seminar, dan banyak lagi acara-acara yang akan menarik perhatian.

Suksesnya penyelenggaraan Pesta Buku Jakarta ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, antara lain: Gubernur Provinsi DKI Jakarta beserta jajarannya, para sponsor : TV One, Trans TV, Gen FM, Female FM, Delta FM, Prambors, I Radio, RRI Pro 2 FM, Indika, Ramako, Dakta, Suara Metro, Koran Republika, Koran Sindo, Majalah dan Koran Tempo, Aneka Yes, Harian Terbit, Trans Jakarta, Matabaca dan pihak-pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu. Untuk itu, kami menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya serta mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, semoga bantuan dan kerjasama ini bermanfaat bagi bangsa yang sedang berusaha bangkit dari berbagai cobaan ini, amiin. Kepada rekan-rekan panitia yang telah mengorbankan waktu dan tenaganya ditengah kesibukannya mengurus penerbitnya sendiri kami ucapkan terima kasih yang tulus dan salam kompak !.

Kritik dan saran selalu kami butuhkan guna penyempurnaan penyelenggaraan Pesta Buku Jakarta ini. Atas segala kekurangan dan kelemahan kami mohon dibukakan pintu maaf.





Ketua Panitia
Pesta Buku Jakarta 2008

Ketentuan berkomentar :

- Dilarang menautkan link aktif maupun mempastekan link mati, karena komentar yang disertai promosi URL tidak akan pernah tampilkan

- Dilarang berkomentar yang Di Luar Topik (OOT), promosi, dan komentar-komentar yang anda tidak suka jika hal itu terjadi di blog anda sendiri, karena komentar seperti itu tidak akan pernah ditampilkan