Klinik Penulisan Novel Romantis

Menulis novel sulit gak sih? Apalagi menulis novel romantis. Kalau penasaran dan mau tahu jawabannya, simak apa yang diungkap Christian Simamora, penulis beberapa novel seperti Boylicious, Macarin Anjing, Coklat Stroberi dan Shit Happens ini. Karena pada Jumat (4/7) siang, ia diundang penerbit Gagas Media untuk berbagi tips dan pengalaman soal urusan membuat novel.

Peserta remaja wanita yang hadir itu banyak yang menanyakan seputar persoalan menulis dan membuat novel.Ada yang minta diberitahu cara membuat agar plot gak monoton, cara membuat kesan dramatis, bagaimana mengembangkan ide dll. Pokoknya seru dech..karena pembicara yang membahas masalah itu tampil dengan santai dan enjoy.

“Pokoknya sebelum kalian mau memutuskan untauk menulis, coba baca dan nikmati sebuah buku dulu dech” ujar Christian membuka percakapannya.”Karena dengan membaca kita dapat melatih diri untuk terbiasa mengetahui alur cerita”imbuh pria humoris ini.

Untuk membuat novel romantis Christian tak segan membagikan ilmunya pada para peserta. Katanya, “Prinsip utama novel romantis adalah penelusuran chemistry antara dua tokoh utama.Bagaimana mereka mulai mendekat, menjauh, jatuh cinta sampai ke bagian happy ending-nya. Di situ kalian harus tahu. Semakin kamu pintar mengolah konflik dan tarik ulur antara kedua tokoh itu, suasana romantis di novel yang akan kamu buat pun makin terasa.

“Coba deh banyak-banyak juga membaca buku atau menonton film yang bertemakan romantis.Selain hiburan, pelan-pelan kamu juga bisa dapat masukan ide segar buat bikin cerita yang kamu akan kerjakan”saran penulis yang juga editor ini.

“Nah, kalau kamu lagi bad mood membuat cerita romantis, khusus adegan berat, baiknya kalian lewtin dulu dech. Karena dalam kondisi seperti itu dikhawatirkan isi cerita akan tertular dengan perasaan mu saat itu. Kalau perasaanmu sudah agak membaik, baru lanjutin menulis adegan-adegan yang kamu loncati itu”imbuhnya lagi

Diakhir acara, novelis yang juga membuat judul cerita Macarin Anjing ini menyampaikan pesan penting yang harus diingat calon penulis.”Kita menulis untuk selesai bukan untuk menulis dengan bagus. Hal itulah yang membuat kita lama menyelesaikan proses menulis”tuturnya. Menurut Chraistian, di situlah sebenarnya tugas penulis, karena untuk urusan mempercantik dan membagus hasil tulisan tersebut, semua akan dikerjakan oleh bagian editingnya.

Jadi, cepat lakukan dan jangan menunda-nunda pekerjaan. Lakukan

Ketentuan berkomentar :

- Dilarang menautkan link aktif maupun mempastekan link mati, karena komentar yang disertai promosi URL tidak akan pernah tampilkan

- Dilarang berkomentar yang Di Luar Topik (OOT), promosi, dan komentar-komentar yang anda tidak suka jika hal itu terjadi di blog anda sendiri, karena komentar seperti itu tidak akan pernah ditampilkan