Merupa Buku

Judul : Merupa Buku
Penulis : Koskow ( Widyatmoko )
ISBN : 10 979 1283 71 0
Tebal Buku : xx + 248 Halaman
Harga : Rp 27.500,-

Ada dua ciri utama dari dunia per-kaver-an buku di Yogyakarta era tahun 1990-an dan awal tahun 2000-an: gaya nglawasi dan masuknya pendekatan seni dalam desainnya. Gaya nglawasi dalam kaver buku penerbit Yogyakarta salah satunya dilihat dari karakter visual karya grafis tempo doeloe, seperti kemasan rokok dan gambar wayang. Salah satu ciri yang tampak adalah menonjolkan gambar dan mereduksi latar. Desainer kaver atau sebutan lainya seniman kaver buku melakukan penonjolan gambar dan mereduksi latar dalam jumlah warna seminimal mungkin.

Adapun ciri pendekatan seni dipengaruhi oleh estetika seni rupa surealisme Yogyakarta dan kontemporer, terutama seni rupa kontemporer yang berangkat dari sikap menilai situasi sosial-politik. Berkesenian tidak sebatas melukis di atas kanvas dengan gaya abstrak. Seni menjelma dalam berbagai bentuk dan membicarakan apa saja, termasuk kenyataan sosial di masyarakat.
Dengan dua ciri utama itu, karakter kaver buku-buku penerbit alternatif Yogyakarta dapat dikatakan merupakan ikon dari munculnya kesadaran kritis yang sebelumnya sempat dicekal. Dengan demikian, persoalan estetik tidak sebatas keindahan visual, tetapi lebih menaruhnya dalam ruang sosial budaya. Dari sudut pandang sastra realis, kaver-kaver buku tersebut berpijak dari realitas sebagai referensi penciptaan dan pemaknaan.

1 komentar:

Sudah lama, buku ttg desain cover buku saya tunggu....semoga beredar di toko buku2 besar yha..biar ga sulit nyarinya.

Ketentuan berkomentar :

- Dilarang menautkan link aktif maupun mempastekan link mati, karena komentar yang disertai promosi URL tidak akan pernah tampilkan

- Dilarang berkomentar yang Di Luar Topik (OOT), promosi, dan komentar-komentar yang anda tidak suka jika hal itu terjadi di blog anda sendiri, karena komentar seperti itu tidak akan pernah ditampilkan